BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
1. McDonald’s Internasional
Restoran ini didirikan oleh
Richard & Maurice McDonald's pada tahun 1937 di sebelah timur kota
Pasadena. Saat itu McDonald's hanya merupakan restoran Drive In yang
pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In. Bangunan
restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan
tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara
tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada
saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan.
Fokus pengembangannya adalah pada
kecepatan pelayanan yang diharapkan akan meningkatkan volume pembelian
konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan
volume. Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu The Golden Arch.
Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancang neonsign.
Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara
tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald's.
Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada
bisnis Drive In dan McDonald's bersaudara ini mengalami kesulitan dalam
berorganisasi dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha
mereka. Dan saat itulah mereka bertemudengan seseorang yang bernama Ray Kroc.
Ray Kroc lah yang membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha
tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah
yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang
pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan
pengembangan restoran melalui konsep fast food.
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc
mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast
food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise
(waralaba). Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan
yang kita saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan
seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian
mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan
yang akan berliansi.
Jadi selama tahun 1950-an hingga
tahun 1960-an, produk-produk burger McDonald's yang merupakan produk-produk fast
food, didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Bisnis waralaba
McDonald's ini mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian. Untuk itu
Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist)
untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu
lemak dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion
0,23 ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis, Kroc
juga memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. Sistem
inilah yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Untuk
itulah profesionalisme harus diterapkan.
Dalam paradigma yang baru setiap
operator danpewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus
menerapkan manajemen professional. Maka pada tahun 1961, Kroc meluncurkan
programpelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di
restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan
operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses
dan dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan,
kebersihan dan nilai (Quality, Service, Cleanliness, and Value).
Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah
membuka 200 restoran di seluruh Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc
telah membeli saham perusahaan dari McDonald's bersaudara dengan hampir senilai
US$ 3.000.000,00. Perusahaan fast food McDonald's ini terus
mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini
McDonald's Corporation bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya
telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari
22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak
diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak
di bidang makanan yang terbesar di dunia
2. McDonald’s Indonesia
Restoran McDonald's hadir di
Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh
dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang
berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan
mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden
Direktur McDonald's Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di
Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training
selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam
masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's
dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat
manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia.
Tepat pada 22 Februari 1991,
restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan
460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10
tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia
telah berjumlah 109 restoran dengan jumlahkaryawan seluruhnya mencapai sekitar
8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA.
BAB II PEMBAHASAN
A. VISI, MISI DAN TUJUAN
PERUSAHAAN
1. Visi Perusahaan
Visi dari McDonald's baik
McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the
world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat
saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh
dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti
menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani
pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk
McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di
seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar
McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat
mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's
merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial
dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti
memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai
pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi
kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti
memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan
kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
f.
Untuk
Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi
mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan
akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti
berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri
ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa
McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia,
seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama,
memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
2. Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik
McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang
misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran
McDonald's”.
3. Tujuan Perusahaan
Tujuan dari McDonald's baik
McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu
menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa
saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja
yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan
tersenyum dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di
kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan
kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan
kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan
B. MARKETING MIX PERUSAHAAN
1. Produk
McDonald's merupakan perusahaan
yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan
berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah perincian produk yang
ditawarkan :
a. Paket Hemat (PaHe)
Yaitu merupakan paket yang
terdiri dari 1 produk makanan dan 1 produk minuman. Paket Hemat ini memberikan
keuntungan pada pelanggan yaitu harga yang lebih murah dibandingkan jika
membeli dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan
penjualan produk.
Paket Hemat (PaHe) terdiri dari :
PaHe 1 (Cheese Burger dan
Medium Drink)
PaHe 2 (McChicken Burger dan
Medium Drink)
PaHe 3 (Fillet O Fish Burger
dan Medium Drink)
PaHe 4 (Big Mac Burger dan
Medium Drink)
PaHe 5 (Double Cheese Burger
dan Medium Drink).
b. Jenis-jenis Burger, yaitu :
Beef Burge
Spicy Chicken Burger
Double Beef Burger
Big Mac Burger
Fillet O Fish
c. Paket Nasi, yaitu merupakan paket
khusus yang dibuat oleh McDonald's Indonesia, sesuai dengan kebiasaan
masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.
PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken,
Medium Drink)
PaNas Spesial (Rice, 1 Pcs
Chicken, Egg, Medium Drink)
PaNas Komplit (Rice, 1 Pcs
Chicken, Egg, Soup, Medium Drink).
d.
French
Fries dengan 4
ukuran, yaitu : Regular, Medium, Large, Super Size
e. Hot and Cold Drinks
2. Price
Penentuan harga ditetapkan dengan
market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai
dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan
daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga
(tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran
mcdonald's tersebut berada.
3. Place
Berhubungan dengan lokasi untuk
mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus
strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.
4. Promotion
Secara umum, program promosi dari
market wide adalah promosi advertising melalui above the line,
yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
a.
Promosi
Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan
pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
b. Advertising, yaitu melalui above the line
: kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event
yang diadakan oleh mcdonald's. Sedangkan melalui below the line :
spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back
drop.
c. Show Case, yaitu berupa merchandise mcdonald's.
d. Event yang dilaksanakan di mcdonald's
yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan
perusahaan-perusahaan lain
C. ANALISIS INTERNAL PERUSAHAAN
1. Analisis laporan keuangan
Pendapatan terkait dengan total
penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan
dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba
mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena
perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasaan di
berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa
berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh masyarakat dunia dari
semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang mempunyai prospek yang
bagus.
Secara keseluruhan kondisi Mc Donald meskipun
sudah berada dalam keadaan matang tetapi terus melakukan ekspansi untuk
memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk. Hal ini dapat
dilihat dari meningkatnya angka aktivitas investasi yang dilakukan dari tahun
ke tahun ,tingkat perputaran modal kerja juga sangat cepat menandakan internal
perusahaan berkembang dan tidak ada dana yang mengangur.Kemudian dari segi
pengendalian internal pun tentunya semakin meningkat di mana perusahaan dapat
menarik investor dengan mudah ,ini dapat di lihat dari meningkatnya uang di
bidang aktivitas pembiayaan. Sementara itu harga saham perusahaan ini juga
mengalami peningkatan menunjukkan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak
banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti diketahui produk Mc
Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai
Negara.
2. Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang
digunakan oleh McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan
menggunakan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari
Store Manager turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager
turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini
paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP
yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya
bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan
bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan
bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta
D. ANALISIS EKSTERNAL PERUSAHAAN
1. Pesaing Perusahaan
a. Burger King
Burger King Corporation adalah
rangkaian rumah makan siap saji internasional yang menjual burger, kentang
goreng dan minuman ringan. Selain itu mereka juga mengelola sekitar 200 rumah
makan di Australia dengan nama Hungry Jack's. Sejarah perusahaan Restoran
pertama Burger King dinamai Insta Burger King dan dibuka pada tahun 1954
di Miami, Florida, Amerika Serikat oleh James McLamore dan David Edgerton,
keduanya adalah alumni dari Cornell University School of Hotel Administration.
Di Indonesia, burger king sempat ditutup pada 1980-an dan dibuka kembali pada
April 2007 dengan gerai terbesarnya di Asia Tenggara.
b. KFC
KFC (dulu dikenal dengan nama
Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands,
Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh
Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa
disajikan dalam bucket. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom
bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke
sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol
Interstate melalui kotanya.
Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling
Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan
pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang
pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders
menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu
telah dijual
kembali sebanyak
tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam
divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum!
Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.
Di Indonesia, pemegang hak
waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang didirikan oleh
Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik
sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober
1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
2.
Matriks Profil KomPetitif
3.
Matriks Faktor Evaluasi Eksternal (EFE)
F. Perumusan Strategi
1. Matriks SWOT
Strengths
1. Mc Donald mempunyai a strong
global presence dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran
separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin pasar ( market leader) baik secara
domestik, maupun internasional.
2. Keuntungan Mc Donald's
berasal dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang
|
Weakness
1. Harga yang kurang
kompetitif, sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan
pendapatan.
2. Inovasi terhadap produk
kurang memiliki spesifikasi tertentu
3. Management of franchises
kurang memperhatikan integritas klien
4. Teknik pemsaran atau
periklanan yang hanya diutamakan pada anak-anak.
|
E. KESIMPULAN
Kepemimpinan Mc Donald
didirikan Richard & Maurice memiliki character building ( Kharakter) yang mengoperasikan
perusahaan dengan pergaulan yang freedom, kebijakan, dan mencintai
pekerjaannya. Kepemimpinan yang dilakukan yaitu terbuka untuk semua dan selalu
berinovasi memperbaruhi setiap produknya demi mencapai keuntungan yang
maksimal.
Dengan kerja keras dan
usaha yang ulet, setiap bulannya membuka tempat/lokasi baru cabang usaha Mc
Donald, sekarang lebih dari 21 negara Mc Donald telah membuka cabang di seluruh
dunia.
Kepemimpinan bisa
mencapai tujuan organisasinya dan mampu bersaing di pasar bebas, dengan
mengunakan sistem product cycle sehingga produk yang dijual dapat bertahan di
pasar bebas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar